Sabtu, 21 Desember 2013

Hari ke 11: Ini tentang MAKANan!

Hai!

Musim hujan gini pasti perut lebih sering meronta-ronta makan ya? Bentar-bentar ke dapur, clingak-clinguk, buka laci atas, laci bawah, kulkas, toples.. Rrrrrgggghhhh.. Itu semua biang gendut! Tapi enak, tapi bikin gendut, tapi susah buat ditinggalin. Ahh..



Nah, nggak jauh dari makan memakan itu, hari ini aku akan membagi menu makan favoritku. Mulai dari menu makan pagi, makan siang, makan malam, sampai cemilan favorit. Nggak perlu banyak basa-basi, yuk intip satu-satu!

Menu Makan Pagi Favorit

Makan pagi atau sarapan merupakan makanan yang berfungsi memberikan asupan energi untuk memulai hari. Kebanyakan orang memilih menu makan paginya yang sederhana dan mudah didapat, seperti roti, sereal, telur ceplok, atau minuman berenergi. Aku pun suka menu makan pagi yang sederhana, mie instan misalnya. Hehehe. Kalau ini sih sederhana banget ya. Tapi ini bukan menu favorit. Yang menjadi favoritku itu nasi putih pulen, ditambah telur dadar dengan irisan cabe dan bawang di dalamnya, dan tak lupa sambal terasi matang. Wuih! Langsung netes nih air liur! Biasanya aku mendapatkan menu makan ini di rumah tercinta, dimasakin sama Ibuk. Hehehe. Sebenarnya aku bisa bikin menu ini sendiri, namun rasanya lebih enak kalau yang dimasak sama Ibuk. Bahan dan cara masaknya sederhana. Cukup sediakan beras, telur, cabe, bawang, tomat, terasi, dan bumbu dapur seperti gula dan garam.

Karena aku orangnya baik hati dan tidak sombong, berikut aku jabarkan cara memasak menu favoritku ini. Pertama, beras dicuci dan ditanak seperti biasa, kalau mau gampang, habis dicuci tinggal dimasukkan ke ricecooker saja :D Habis itu bikin telur dadarnya. Kedua, kita iris kecil-kecil dulu cabe dan bawangnya (boleh bawang merah dan bawang putih), kemudian goreng keduanya sampai layu, setelah itu baru dicampur dengan telur, dan tambahkan sedikit garam. Kocok, dan goreng. Telur dadar beres, kita beralih ke sambal terasi matang. Ambil cabe secukupnya, dua siung bawang merah, dan satu buah tomat. Bersihkan dahulu semuanya. Kemudian goreng hingga layu. Angkat, lalu uleg bersama terasi, gula, dan garam. Dan, menu makan pagi favorit siap dihidangkan! :D

Menu Makan Siang Favorit

Siang hari biasanya saat-saat kantuk dan lelah menggelayut. Di saat seperti ini, perlu santapan yang bisa membangkitkan semangat lagi. Nah, aku ingin menunjukkan menu makan siang favoritku yang biasanya dapat mengembalikan semangat beraktivitasku. Menu itu yaitu Sup Komplit ala Ibuk. Sup ini terdiri atas kubis, wortel, buncis, bunga kubis, kentang, daun bawang, seledri, bakso daging, bakso dari tahu, dan kadang ditambah makroni dan daging. Enaknya ampun-ampunan deh. Menu ini merupakan menu makan siang yang bisa disatap bersama nasi, namun aku lebih suka memakan sup ini tanpa nasi. Rasanya lebih segar dan nikmat. Sup komplit ala Ibuk ini biasa disajikan dengan ditabur bawang goreng di atasnya. Siapa pun yang mencobanya dijamin ketagihan. :P

Menu Makan Malam Favorit

Menu makan malam bagiku tidak terlalu spesial dibanding dengan makan pagi dan makan siang, karena memang jarang sekali memasak untuk makan malam. Biasanya menu makan malam menyesuaikan dengan menu makan siangnya. Bahkan tidak jarang aku beli makanan dari luar. Tidak ada menu khusus untuk makan malam, namun biasanya kalau membeli makanan dari luar, pilihanku lebih condong ke sate ayam. Tidak ada alasan khusus, hanya saja setiap kali buntu akan menu makan malam, pilihan selalu jatuh pada sate ayam. Ya, sesederhana itu. XD

Menu Cemilan Favorit

Bakso bang! Bakso satu porsi nggak pakai sawi! 
Iya, bakso cemilan favoritku. Mau bakso mini, mau bakso komplit, bakso bakar, yang penting bakso! Kadang aku bisa setiap hari ngemil bakso. Yaa gimana nggak setiap hari, Bapak juga penggemar bakso. Hahaha. Kalau musim penghujan seperti ini, hasrat makan bakso meningkat seratus kali. Oooh myyy, andai depan rumah ada yang jual bakso.

Yak, itu semua adalah menu makanan favoritku. Kalau kalian, menu makan favoritnya apa? 

1 komentar:

Pembaca Dermawan nulis komentar, Pembaca Sopan follow Ulfah Mey Lida's Blog, Pembaca Budiman nulis komentar dan follow Ulfah Mey Lida's Blog.