Laman

Rabu, 06 November 2013

Selamat Tinggal Masa Lalu, Selamat Datang di Dunia Baru!

Sekian tahun tanganku mengalami mati suri. Ya, mati suri untuk keahliannya dalam bidang menulis. Sebenarnya blogging bukan hal baru bagiku. Aku sudah mengenalnya ketika aku menginjak kelas X, kira-kira waktu itu usiaku 14 tahun. Ketika itu aku sudah lumayan akrab dengan blogger. Hampir setiap hari aku menuliskan keluh kesah masa-masa remajaku di sana.

Kalian mungkin bisa membayangkan gaya tulisanku pada masa itu. Tepat sekali! Tulisanku ampun-ampunan 4L4Y. 4L4Y merupakan fase peralihan dari Anak Baru Gede (ABG) ke remaja. Hampir sebagian besar Warga Negara Indonesia mengalami fase peralihan ini. Biasanya ditandai dengan gaya berpakaiannya, gaya rambutnya, gaya bahasanya, sampai gaya tulisannya. Hal itu pun berlaku bagi diriku. Usia 14 tahun merupakan fase peralihanku dari ABG menuju ke remaja seutuhnya. Waktu itu sedang ngetrend-ngetrendnya media sosial friendster dan blogger. Tak ingin ketinggalan, setiap hari aku menyisihkan uang jajanku untuk mengunjungi warnet agar dapat bermain friendster dan blogger.

Blog yang aku buat waktu itu sama dengan blog yang aku pakai sekarang. Usianya sudah hampir 7 tahun jika dihitung dari pertama aku membuatnya, namun usia tulisanku jika dikalkulasi bahkan tidak ada 1 tahun. Dulu, di awal usianya, setiap hari selalu aku rawat dan aku isi dengan tulisan-tulisan masa ABGku.

Ketika memasuki usia remaja, aku ditertawakan teman-temanku yang mengunjungi blogku dan membaca tulisan-tulisan 4L4yku. Bodohnya aku, rasa maluku waktu itu membuatku frustasi dan langsung menghapus semua postinganku di masa ABG. Ya, semua postingan tanpa menutup akun bloggerku. Pada tahun 2011, menginjak semester 4 bangku kuliah, aku mulai membuka account blogger ini lagi, dan memulai posting-posting dengan gaya baru, yaitu puisi. Kebetulan semester 4 itu aku mengikuti mata kuliah ekspresi tulis sastra, yang mewajibkan mahasiswanya selama satu semester menghasilkan karya sastra baik puisi, cerpen, maupun drama. Beberapa puisi yang aku tulis waktu itu sudah aku posting di sini, bagi yang berkenan, silakan dibaca :)

Sedikit rasa sesal mengisi hatiku ketika teringat tulisan-tulisanku di blog ini pada zaman ABG dulu telah aku lenyapkan. Aku seperti tidak memiliki sejarah tulisanku. Meskipun begitu, masih tersimpan ingatan caraku bercerita melalui tulisan di blog ini. Cerita-cerita klasik khas masa SMA, persahabatan, percintaan, bahkan pelajaran di sekolah, semua aku tuangkan dengan gaya ceriaku di sini. Sebenarnya sudah cukup bagus jika dilihat dari gaya berceritanya, namun jika dilihat dari gaya penulisannya, mohon maaf sekali anda kurang beruntung.

Fase peralihan ABG-remaja itu sudah aku lalui. Kini aku sedang dalam masa baru, yaitu peralihan remaja-dewasa. Mungkin dari segi penulisan sudah ada perubahan yang lebih baik, namun dari pola pikir justru cenderung lebih rumit. Seperti yang dikatakan tokoh kartun favoritku, Shinchan, "orang dewasa memang aneh" begitu pun yang aku rasakan sekarang. Semakin bertambahnya usia, semakin terbentuknya fase dewasaku, semakin aku menyadari bahwa orang dewasa memang aneh. Semoga dengan aku menyadari semua ini, dalam menjalani masa peralihanku selanjutnya akan menjadi lebih baik. Selamat tinggal masa lalu, selamat datang di dunia baru! :D

1 komentar:

Pembaca Dermawan nulis komentar, Pembaca Sopan follow Ulfah Mey Lida's Blog, Pembaca Budiman nulis komentar dan follow Ulfah Mey Lida's Blog.