Laman

Rabu, 30 April 2014

Aku Bangga Bertradisi dan Berbudaya Indonesia

Hai!

Selamat malam! Postingan akhir bulan nih! Hahaha, lama-lama blog ini jadi blog akhir bulan gegara si empunya malas nulis. Ups!

Tak apalah ya, mau akhir bulan, awal bulan, atau akhir tahun sekalipun, yang penting blognya masih kopenan (terawat, red).

Baiklah, mari kita mulai kisah bulan April ini. Ada beberapa pengalaman yang mengesankan pun yang mengecewakan. Kita awali dengan yang mengecewakan dulu agar postingan ini nanti dapat Happy ending! Yiiihhhhaaa! :D

Aku gagal lolos seleksi sebagai pengajar di sekolah swasta yang terbilang bonafit. Apalah mau dikata, jalanku bukan di sana. Sungguh luar biasa dapat berkesempatan mengikuti tahapan seleksi bersama orang-orang kompeten di sekolah itu. Setidaknya aku sudah berusaha maksimal, jika nilaiku masih berada di peringkat kedua dan yang dibutuhkan hanyalah satu orang peraih peringkat pertama, aku harus legowo. Begitu kurang lebihnya yang dikatakan orang Jawa.

Mengikuti dan terlibat langsung di acara ODOLAN (Olimpiade Dolanan Anak) di Rumah Belajar Ilalang. Tepatnya hari minggu kemarin, tanggal 27 April 2014, RBI (Rumah Belajar Ilalang) kedatangan banyak sekali tamu. Ada yang mash ingat tentang RBI ini? Dulu aku pernah menceritanyya di sini, yang belum tahu silakan langsung menuju ke TKP. Tepatnya hari Minggu tanggal 27 Arpil kemarin, RBI kedatangan tamu yang sangat meriah. Agenda Odolan tahun ini memang sengaja mengundang teman-teman dari berbagai komunitas yang ada di Indonesia. Kehadiran mereka inilah yang membuat suasana Odolan 2014 semakin semarak.


Menyenangkan sekali bisa terlibat di tengah-tengah tawa keceriaan adik-adik di sana. Ada yang ikut lomba Egrang, Dakon, Bekelan, hingga Gobak Sodor. Eitss, berhenti sebentar. Ada yang tidak mengenal permainan-permainan itu? Browsng gih!


Ninggalin jejak dulu ahh ~

Serbuuuuu!!!
Meskipun telat, tetap ninggalin jejak! Hhaaa!

Ceplok! :D

Seruuuu! Lucuuuu! Gemessss! daaaann Menyenangkan!!!

Gobak Sodor nih!

Hayoo ameh neng ndi kuwe? Tak cekel! Eitss Eitss Eitss!! 

Sibuk berkreasi niyee..

Mendongeng bersama kakak dari SIGI

Akan tetapi, ada satu hal yang menjadi ironi dalam agenda ini. Sebagian besar adik-adik yang mengikuti lomba, belum mengetahui jenis permainan dan aturan mainnya. Kami sebagai panitia hampir gila karena harus menjelaskan berulang-ulang kepada para peserta lomba sampai mereka paham permainan tersebut. Dulu, semasa aku kecil, justru aku yang menjelaskan permainan tradisonal semacam itu kepada kakak-kakakku, para orang dewasa. Dan sepertinya dunia memang benar-benar sudah terbalik. Anak kecil zaman sekarang lebih menyukai gedget dan orang dewasa tenggelam dalam nostalgianya bersama permainan tradisonal yang kini terancam punah.

Maka, terpujilah pemuda-pemudi Indonesia yang tergugah nuraninya untuk mempopulerkan kembali budaya tradisional, termasuk kakak-kakak Ranger Rumah Belajar Ilalang yang menyelenggarakan Odolan ini.

Selain agenda Odolan, bulan April kemarin juga telah diselenggarakan acara tahunan Klenteng Welahan yang dikenal dengan acara Shang Gwek. Aku sendiri tidak begitu tahu sejarah diadakannya ritual ini, namun sejak aku kecil agenda ini rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai ritual di Klenteng Welahan. Semua masyarakat Tionghoa seluruh Indonesia tumpah ruah dalam acara ini. Aku sendiri beberapa kali ikut menyaksikan ritual ini karena memang dibuka untuk umum. Bisa bayangkan betapa semrawutnya Welahan pada saat itu? 



Selfie lintas agama :D


Itulah ringkasan kegiatanku selama sebulan ini. Tidak terlalu menarik memang, namun semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Besok sudah Mei! Bulan kesukaanku dari dua belas bulan yang ada di kalender. Semoga menjadi bulan keberuntunganku di tahun ini. Amin. 

Sampai jumpa lagi! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca Dermawan nulis komentar, Pembaca Sopan follow Ulfah Mey Lida's Blog, Pembaca Budiman nulis komentar dan follow Ulfah Mey Lida's Blog.